Bertemu Rektor UMG, PDM Bangkalan Jajaki Kerjasama Pendidikan Hingga Industri Halal

Ketua PDM Bangkalan Ust Rik Suhadi (tengah, peci putih) beserta jajaran dan Rektor UMG Nadhiroul Laily (tengah, jilbab kuning) beserta jajarannya


Pimpinan Daerah Muhammadiyah (PDM) Bangkalan berkunjung ke Universitas Muhammadiyah Gresik (UMG) dalam rangka menjajaki kerjasama dalam beberapa bidang, Kamis (4/7/2024). Kedatangan rombongan PDM Bangkalan disambut langsung oleh Rektor UMG Nadhirotul Laily.

Ketua PDM Bangkalan Ust Rik Suhadi menjelaskan, secara garis besar pertemuan dengan pihak UMG menyangkut sejumlah kerjasama, antara lain di bidang pendidikan, industri halal, dan pengembangan ekonomi.

Dia menyebut, Rektor UMG antusias menyambut kerjasama dengan pihaknya. Bahkan, kata Ust Rik, Rektor UMG berencana akan hadir langsung ke Bangkalan untuk melakukan penandatanganan MoU (Memorandum of Understanding) dengan PDM Bangkalan.

"Bu Rektor menyambut baik silaturrahim dan kedatangan kita dari rombongan PDM Bangkalan. Beliau juga berniat untuk hadir langsung ke Bangkalan dalam waktu nanti, saat penandatanganan MoU dengan PDM Bangkalan," ujarnya usai pertemuan, Kamis (4/7/2024).

"Kita berharap, dengan adanya MoU itu nanti akan lebih banyak lagi siswa-siswa SMA Muhammadiyah Bangkalan yang masuk (mendapatkan beasiswa) ke UMG," sambung pria yang juga Pengasuh Pondok Babussalam, Socah, Bangkalan itu.

Lebih lanjut, Ust Rik mengungkapkan, Majelis Ekonomi, Bisnis dan Pariwisata (MEBP) PDM Bangkalan juga menjajaki kerjasama dengan UMG untuk rencana membuka usaha penyembelihan sapi halal dalam rangka menyediakan daging sapi untuk kebutuhan masyarakat.

Selain itu, dia juga menyebut rencana pihaknya untuk menjajaki kerjasama untuk menyuplai sapi Madura untuk memenuhi kebutuhan pasar daging sapi di Gresik.

"Rencana Majelis Ekonomi akan membuka usaha penyembelihan sapi halal, penyediaan daging untuk kebutuhan masyarakat, tadi juga sudah dibicarakan dengan pihak UMG, barangkali bisa dikerjasamakan juga, karena mereka juga banyak UMKM yang bergerak pada kebutuhan daging sapi itu," jelasnya.

"Dan kemungkinan besar nanti juga akan ada kerjasama ekspor sapi dari Madura ke Gresik. Mudah-mudahan rencana Majelis Ekonomi ini berjalan dengan lancar untuk kerjasama dengan UMG," tambah Ust Rik.

Senada, Wakil Ketua PDM Bangkalan bidang Ekonomi, Bisnis dan Pariwisata yang juga Ketua Halalan Toyyiban Center PDM Bangkalan Al Muliyar Muhtar menyebut sejumlah hal penting yang dibahas dalam pertemuan dengan Rektor UMG.

"Silaturrahim dengan Rektor UMG banyak hal-hal penting yang bermanfaat untuk pengembangan pendidikan di Kabupaten Bangkalan. Di antaranya pendampingan terhadap pendidikan, pelatihan kepada guru-guru dan juga beasiswa kepada mahasiswa yang berasal dari kader-kader Muhammadiyah di Bangkalan," ungkapnya.

Tak hanya itu, Muliyar menyebut pertemuan tersebut juga dalam rangka menjajaki kemungkinan kerjasama dengan Lembaga Halal Center UMG, yang dia harapkan dapat menjadi sarana untuk merealisasikan program MEBP untuk membuat rumah potong halal.

"Ada kesempatan untuk bersilaturrahim dengan Halal Center UMG. Kita diberi peluang dan juga akan kerjasama untuk pelatihan pengawas, pendampingan pengawas halal dalam bentuk pelatihan-pelatihan, yang nantinya juga akan memeroleh setifikat. Dan kita juga diberikan kesempatan untuk ditempati atau menjadi tuan rumah pelatihan Juleha (juru sembelih halal) sekaligus yang bersertifikat dalam waktu dekat," jelasnya.

Sementara itu, Rektor UMG Nadhirotul Laily mengaku antusias terhadap kunjungan PDM Bangkalan. Dia menyebut akan segera menindaklanjuti upaya kerjasama tersebut untuk melakukan penandatanganan MoU dan segera merealisasikan program-program terkait.

Untuk diketahui, kedatangan Ketua PDM Bangkalan Ust Rik Suhadi didampingi Wakil Ketua Al Muliyar Muhtar dan Mulyono Aminullah, serta perwakilan Majelis Tarjih dan Tajdid (MTT) PDM Bangkalan Ust Syamsul Muarif.

No comments

Silakan beri komentar

Powered by Blogger.